“ lagu cinta untuk mama” 1SHOOT


CERPEN ANAK…^^

“  lagu cinta untuk mama” 1SHOOT

 

Q terinspirasi dari lagu anak-anak yang judulnya “ cinta untuk mama”. Ini ff udah pernah q share di blog ff indo, dengan cast. shinee. Tapi q share lagi dengan cast. suju.

 

 

Cast :

Wookie as wookie umur 5 th

Minnie as ibu wookie

 

 

 

^^____^^

Halo…..apa kabar teman-teman, ehem…ehem….aku ingin memperkenalkan namaku. Namaku wookie, aku masih sekolah di taman kanak-kanak, dan umurku 5 th. Kata ibu ku, aku adalah anak yang selalu membuatnya marah, kata ibuku….aku adalah anak bandel, di sekolah selalu berkelahi dengan teman-teman ku yang lain, dan banyak temanku yang malas berteman dengan ku. aku adalah anak satu-satunya, aku tidak memiliki ayah, kata ibuku, nenekku dan semua keluargaku yang lain ayahku sekarang berada di dunia yang sangaaaaaaaaaaaaaaaaaat jauh….dan aku tidak tahu itu di mana. Jika aku bertanya kepada ibu ku, ia selalu berkata “ ayahmu tidak akan kembali lagi, karena ayahmu sudah bahagia dan tenang di atas sana” ibuku selalu berkata seperti itu dan selalu menunjukkan jari telunjuknya kearah langit. Aku memang bingung dengan yang dikatakan ibuku, tapi biarlah jika ayahku tidak ingin kembali dan menemuiku, meskipun sebenarnya aku sangat merindukan ayahku. Pagi ini ayam berkokok membangunkan tidurku yang lelap.

“huwaaaaaaaaaaaaaaaa…………………hm……kata ibu guru aku harus berdo’a dulu” gumamku sendirian didalam kamarku yang di cat berwarna pink, meskipun aku sangat tidak menyukai warna pink. Ibuku mendesain warna kamarku ini, begitu juga dengan pernak-pernik didalam kamarku ini.

“Ya Allah…jadikan wookie anak yang pintar dan tidak selalu membuat ibu marah” ujarku sambil menengadahkan kedua tanganku.

“amin………”aku mengusapkan pada wajahku,

“ hm….ibu pasti marah-marah jika aku bangun terlambat” gumamku sambil memainkan bibirku. “lebih baik aku mandi dulu” akupun kemudian masuk kekamar mandi.  Setelah aku selesai mandi, aku memakai seragam sekolahku. Dan seperti biasa ibuku selalu berteriak memanggilku.

“wokiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeeee………………banguuuuuuuuuuuuuuuuuuun…………apa kamu tidak mau kesekolah” begitulah setiap hari nya ibu membangunkanku. Meskipun ibuku tidak seperti ibu-ibu teman-temanku yang selalu lembut pada anak mereka, tapi aku sangat sayang pada ibuku ini. karena ibu adalah wanita yang sangat lembut dan berhati mulia.

“uh…kenapa ibu selalu teriak seperti itu?” gumamku sambil menghela nafasku.

“iyaaaaaaaaaaa………….’sahutku juga berteriak. Akupun kemudian keluar dari kamarku dan membawa  tas ranselku. Dan aku menghampiri ibuku.

“aku sudah siap bu” ujarku kepada ibuku yang menyiapkan sarapan untukku. Dan ibu tersenyum kepadaku.

“ ibu…kenapa sih ayah tidak pernah pulang-pulang, coba aja ada ayah, kan aku bisa di antar ke sekolah seperti teman-teman wookie yang lain” ujarku kepada ibu, tapi ibuku hanya diam tanpa melihat kearahku.

 

^^____^^

Perkenalkan aku adalah minnie, aku adalah ibunya wookie. Aku sangat sedih jika wookie selalu menanyakan tentang ayahnya. Yah…kyuhyun adalah ayahnya wookie. Tapi kyuhyun telah meninggalkanku dan wookie, saat wookie baru berusia 1 bulan, dan saat itu kyuhyun pergi bersama seorang wanita yang bernama hyukkie. Namun ketika kyuhyun pergi bersama wanita itu, tidak berapa lama kemudian aku mendengar dari tetanggaku yang melihatnya dan mengatakan bahwa kyuhyun mengalami kecelakaan dan meninggal di tempat begitu juga dengan wanita itu. sikap kyuhyun kepadaku tidak akan pernah aku lupakan.  Tapi setiap wookie bertanya tentang keberadaan kyuhyun, aku sangat sedih. Dan aku selalu menahan air mataku didepan anakku itu. aku tidak ingin wookie melihatku menangis. seperti saat ini, aku tahu wookie sangat merindukan sosok ayahnya, dan aku juga sering melihat bahwa wookie selalu cemburu jika melihat teman-teman sekolahnya yang selalu diantar jemput oleh ayah mereka. dan guru nya sering mengatakan kepadaku bahwa wookie di sekolah selalu berkelahi dengan teman-temannya, selain itu wookie juga selalu merebut barang milik temannya. Aku sering bertanya kepada wookie kenapa ia melakukan itu, dan jawaban wookie selalu membuatku terenyuh, hatiku sakit saat mendengar jawabannya. Wookie selalu menjawab “ teman-temanku bilang aku tidak punya ayah, dan ayahku telah meninggal, aku kan jadi marah ibu. Wookie tidak suka kalau teman-teman wookie berkata seperti itu” . aku ingin sekali memarahi teman-teman wookie, tapi aku tidak bisa. Karena mereka hanyalah anak kecil yang tidak mengerti apa-apa.

“ ibuuuuuuuuuu……….” Ujar wookie membuyarkan lamunanku.

“yah…ada apa wookie” sahutku dan menatap wajah polosnya itu.

“ kenapa ibu diam?” tanyanya sambil menatapku polos.

“tidak apa-apa anakku, cepat habiskan sarapanmu, setelah itu ibu akan mengantarmu kesekolah” ujarku kepadanya

“aku malas di antar ibu, aku mau ayah” sahutnya kesal

“huft….wookie bukankah ibu sering mengatakan kepadamu, kalau ayahmu itu sekarang tinggal di dunia yang berbeda dengan kita” sahutku kepadanya

“ uang tabungan wookie di bongkar aja bu, pasti uang wookie cukup untuk menjemput ayah di dunia sana” ujarnya polos, akupun kemudian mendekati wookie dan memeluk tubuh mungilnya, air mataku mengalir membasahi pipiku.

“wookie…ayahmu tidak bisa kita jemput, karena selain uang wookie yang tidak cukup untuk kesana, ayah wookie juga tidak mau kembali bersama kita, karena ayah sudah betah disana, dan di sana adalah rumah baru ayah. Ayah juga bahagia disana” ujarku menjelaskan kepadanya.

“pokoknya wookie mau ayah….wookie mau ayaaaaaaaaaaaaaah” sahutnya berontak dalam pelukanku.

“wookie……..”bentakku emosi kepadanya sambil melepaskan pelukanku.

“wookie mau ayah……” ujarnya marah dan menatapku tajam, hingga membuatku lagi-lagi emosi di buatnya.

“ dasar anak bandel…….tidak pernah mau dengar apa kata ibu…….”ujarku mencubit lengannya

“sudah berapa kali ibu katakan, ayah wookie itu sudah pergi meninggalkan kita. Wookie tidak bisa lagi bertemu dengannya” ujarku membentaknya dan masih mencubit lengannya

“sakit bu…..sakit……”sahutnya meringis kesakitan dan menangis.

“sekarang pakai tas mu, dan ibu yang antar kamu kesekolah” ujarku membentaknya.

“hiks….hiks….”ia sesenggukkan sambil menyeka air matanya. Aku memang keterlaluan, tapi aku tidak sanggup jika harus terus-terusan mendengar pertanyaan dan keinginannya yang mustahil itu.  akupun kemudian memegang lengannya kuat. Dan aku mengantarnya kesekolah menggunakan skuter matic ku. aku masih mendengar isakan tangisnya, hingga akupun meneteskan air mataku. Sesampainya disekolahnya, ia pun turun dari skuterku, dan aku pun turun untuk mengantarnya masuk kearea lingkungan sekolah.  sebelum aku mengantarnya masuk kedalam, aku membungkukkan sedikit badanku didepannya, aku menyeka air matanya dengan kedua tanganku.

“ibu minta maaf sayang…” ujarku dan mencium kedua pipinya begitu juga keningnya. Wookie masih terisak-isak dan menatapku dengan mata sembabnya.

“masuklah…teman-temanmu sudah menunggu” ujarku kepadanya, ia hanya mengangguk-angguk saja. Lalu masuk kearea sekolahnya. Dan aku melihatnya hingga ia masuk kedalam kelasnya.

“maafkan ibu sayang….maafkan ibu….”gumamku sambil menitikkan air mataku. Kemudian akupun kembali mengendarai skuterku dan kembali pulang kerumah.

 

^^di sekolah

Aku tidak mengerti kenapa ibu tadi marah kepadaku, padahal aku hanya ingin ayah ku. apakah yang dikatakan teman-temanku itu benar?, kalau ayahku sudah meninggal?, hari ini ibu guru meminta kami untuk menggambar bebas. Dan aku menggambar di buku gambarku dengan warna-warna gelap. Sewaktu aku mengumpulkan kepada guru ku, ibu guruku bertanya kepadaku.

“wookie…ini gambar apa?” tanyanya kepadaku

“ ini…ibu…wookie…dan ayah…”sahutku kepada guruku

“tapi kok warnanya  hitam, dan kenapa gambar wookie menangis?” tanya ibu guru teukie kepadaku

“ karena wookie ingin ayah wookie kembali, dan ayah wookie ini mukanya wookie kasih warna hitam, karena wookie kesel ayah tidak pulang-pulang” sahutku kepada ibu guru teukie. Ibu guru teukie diam sejenak saat menatapku dan hasil gambaranku secara bergantian.

“ya sudah, wookie boleh main” kata ibu guru teukie kepadaku.

“asik………..”sahutku kegirangan. Aku bermain sendirian, karena teman-teman dikelasku tidak ingin bermain denganku. Aku bermain balok-balokkan, aku membuat rumah-rumahan. Saat aku sedang asik bermain, tiba-tiba saja temanku yang bernama donghae menghancurkan rumah-rumahan milikku, dan berkata……..

“wookie gak punya ayah….wookie gak punya ayah…………” donghae meledekku, akupun marah kepadanya, dan aku langsung mencakar wajahnya dengan tanganku. ibu guru teukie yang melihatku mencakarnya, segera memisahkanku dengan donghae. Ibu guru teukie memarahi donghae, aku senang sekali. Tapi aku juga kesal karena ibu guru teukie memarahiku.

“donghae…tidak boleh seperti itu, tidak boleh menyakiti teman seperti itu” ujar ibu guru teukie kepada donghae, donghae hanya diam

“wookie juga, tidak boleh melukai teman seperti itu. kalau ibunya donghae marah bagaimana?”

“habisnya donghae duluan, donghae bilang wookie gak punya ayah. Wookie gak suka bu guru…” sahutku membela diri, ibu guru teukie terdiam sejenak.

“ibu guru…apa benar ayah wookie sudah meninggal?” tanyaku kepada ibu guru teukie

“kenapa wookie bertanya seperti itu?”
“karena kata ibuku, ayah sudah pergi jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuh…………sekali, di atas sana” ujarku sambil menunjuk keatas. Ibu guru teukie memelukku, dan membelai kepalaku lembut

“ wookie….meskipun ayah wookie sudah tidak ada…, tapi wookie masih punya ibu. Wookie harus percaya, bahwa ayah wookie pasti sudah bahagia di sana, dan ayah wookie pasti senang punya anak seperti wookie, dan wookie harus jadi anak yang baik, agar ayah wookie senang, dan tidak menangis disana kalau melihat wookie suka melukai teman seperti ini”

“jadi wookie sudah tidak punya ayah?” tanyaku lagi

“ wookie punya ayah, hanya saja ayahnya wookie sudah tidak ada di dunia ini lagi, tapi ditempat yang berbeda dengan wookie. Dan wookie tidak boleh sedih” aku hanya diam mendengar yang dikatakan ibu guru teukie kepadaku.

“wookie tidak boleh buat ibu wookie bersedih, wookie tidak boleh buat ibu wookie marah. Ibu nya wookie sayaaaaaaaaaaaaaaaaaang…………….sekali dengan wookie”

“wookie sayangkan sama ibunya wookie?” tanya ibu guru teukie

“ iya wookie sayang ibu…”sahutku

“kalau begitu, wookie harus jadi anak yang baik”

“iya bu guru” sahutku, ibu guru teukie pun kemudian mencium keningku. Aku sangat sayang pada ibu guru teukie dan ibu ku. mereka berdua adalah wanita yang berhati sangat lembut menurutku. Sudah 7 bulan aku sekolah di TK BUNDA ini, dan ibu guru teukie menunjukku untuk menyanyikan sebuah lagu di hari ibu. Hari ibu bertepatan dengan hari ulang tahun ibuku. Sekolahku mengadakan sebuah acara khusus untuk IBU.  Hari ini adalah special itu. setelah beberapa puisi di bacakan oleh beberapa temanku, sekarang giliranku. Sebelum aku menyanyikan lagi itu, aku melihat kesemua orang tua yang menonton, dan aku mencari sosok ibu ku. dan ternyata ibuku duduk di bangku kedua dari panggung tempatku berdiri. Akupun kemudian memejamkan mataku…dan berkata dalam hati…

“ayah……aku tahu ayah juga sayang pada ibu. Ayah bantu wookie untuk tidak gugup saat menyanyi nanti. Aku sayang ayah dan ibu” aku berbicara dalam hati.  Akupun kemudian membuka mataku dan menatap ibuku.

“ ibu…aku tahu ayah wookie sudah tidak ada, tapi wookie yakin ayah diatas sana sayang pada wookie dan ibu. Jadi ibu jangan sedih lagi ya…wookie janji jadi anak yang baik” ujarku didepan semua orang dan juga ibuku. Aku melihat ibuku menutup mulutnya dengan kedua tangannya.

“ lagu ini ku persembahkan untuk ibu…semua ibu yang berhati mulia…dan untuk ibuku yang baik hati dan sayang sama wookie….selamat ulang tahun ibu…” ujarku didepan semua orang dan ibuku.

Saat music mulai memainkan melodinya, akupun bernyanyi untuk ibuku tersayang.

 

“ CINTA UNTUK MAMA”

 

Apa yang ku berikan untuk mama

Untuk mama ……………tersayang

Tak ku miliki sesuatu berharga

Untuk mama ………tercinta………..

Hanya ini ku nyanyikan

Senandung dari hatiku untuk mama

Hanya sebuah lagu sederhana

Lagu cinta ku untuk mama……….

Walau tak dapat slalu ku ungkapkan

Kata  cintaku tuk mama

Namun dengarlah hatiku berkata

Untukmu sayang padamu mama…………

Oh …….hanya ini……..

Kunyanyikan senandung lagu dari hatiku untuk mama

Hanya sebuah lagu sederhana

Lagu cintaku untuk ……..mama……………..

 

hanya ini……..

Kunyanyikan senandung lagu dari hatiku untuk mama

Hanya sebuah lagu sederhana

Lagu cintaku untuk ……..mama……………..

Lagu cintaku untuk ……..mama……………..

 

Setelah aku selesai menyanyikan lagu itu untuk ibu, semua yang menonton bertepuk tangan, dan ibuku…….yah………ibuku segera berlari keatas panggung dan……….ibuku memelukku erat, tubuh ibuku bergetar, isakan tangis terdengar dari suaranya. Iya….ibuku menangis….ibu mengelus-elus kepalaku.

“ibu sayang wookie…………sayaaaaaaaaaaaaaaang………….sekali……….ibu minta maaf wookie. Ibu suka marah-marah pada wookie……….maafkan ibu sayang……..” ibu mengatakan itu dengan suaranya yang bergetar.

“ Wookie juga sayang ibu….selamat ulang tahun ibu….” Ujarku kepada ibuku.

 

FIN

Q terispirasi dari lagu anak-anak, jadinya ku kepikiran bikin cerpen ini. q harap kalian suka ya…

 

 

About chohyunrafanfiction

hay...q ruly aku suka menulis dan semua tulisanku q share di blog pribadiku ini

Posted on Agustus 18, 2011, in family, korea and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: